Skip to main content

Posts

Showing posts from April 3, 2022

ALGORITMA PERCABANGAN ( Materi Pemograman Dasar Kelas X )

  Kalian pernah memainkan game Angry Bird, kan? Kapan kalian bisa naik ke level  berikutnya? Tentu jika kalian berhasil mengenai semua musuh, jika tidak maka kalian akan  mengulangi level yang kalian mainkan. Demikian juga ketika kalian memainkan permainan lain  seperti sepakbola contohnya. Apa saja yang terjadi jika salah satu tim bisa memasukkan bola?  Maka jika terjadi goal maka akan ditampilkan perayaan gol, reply kemudian kick off lagi oleh tim  yang kemasukan. Dari contoh tersebut ditunjukkan dalam berbagai program apakah itu aplikasi,  game (permainan) atau program lain, tidak pernah lepas dengan kejadian bersyarat, atau  percabangan, yang ditandai dengan kata JIKA MAKA.  Ketika kalian menggunakan e-mail atau facebook, jika kalian memasukkan user name  dengan benar dan password dengan benar maka kalian bisa masuk, jika tidak akan muncul user  name atau password salah. Kapan notifikasi akan muncul, jika akun teman kita update status, atau ada teman yang mengomentari status kita,

Kewargaan Digital (Digital Citizenship) ( Materi Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital )

 A. Lingkungan Belajar  Informasi dan teknologi komunikasi telah menjadi bagian dari lingkungan  pembelajaran. Pemanfaatan ICT  untuk mencari informasi, data, maupun rujukan untuk  keperluan pembelajaran. Beberapa unsur yang perlu diperhatikan adalah seperti berikut.   1.Akses Digital  Mengakses fasilitas ICT adalah hak dasar setiap warga digital. Namun, tidak semua orang  memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses fasilitas tersebut. Bahkan, banyak yang  masih memperjuangkan hak tersebut. Kesenjangan tersebut antara lain disebabkan oleh  status ekonomi, disabilitas, maupun keterbatasan infrastruktur di lingkungan tersebut.  Seseorang atau sekelompok orang yang tidak memiliki akses terhadap fasilitas ICT akan  mengalami kejutan budaya ketika harus berinteraksi dan berkomunikasi dengan pengguna  fasilitas ICT yang mampu memanfaatkan media-media baru yang selalu dibanjiri  informasi-informasi terkini.  Seiring perkembangan teknologi, akses digital makin mudah diperoleh. Tantangan  sel

KOMUNIKASI DAN KOLABORASI DALAM JARINGAN ( Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital )

Komunikasi merupakan cara manusia untuk menyampaikan informasi. Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan berita atau  pesan dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud bisa dipahami. Pada dasarnya,  komunikasi merupakan proses dua orang atau lebih melakukan pertukaran informasi yang  saling dipahami. Komunikasi tidak terbatas pada penggunaan bahasa verbal, tetapi juga  terkait dengan ekspresi, bahasa tubuh, seni, dan teknologi.  "Komunikasi terjadi jika saya berbicara, Anda mengerti, dan sebaliknya jika  Anda yang berbicara, saya mengerti. " Kemampuan seseorang berkomunikasi diukur dari tingkat akurasi informasi atau  pesan yang dikirim oleh komunikator (pengirim informasi) dapat diterima oleh komunikan  (penerima informasi) dan sebaliknya. Hal tersebut juga menjadi ukuran seberapa mahir kita  berkomunikasi.  Mengasah dan mengembangkan kemahiran berkomunikasi dalam kehidupan  keseharian sangat penting. Kemahiran berkomunikasi