Skip to main content

Posts

Showing posts from September 18, 2022

PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) BAGIAN 2

 Sedangkan menurut Krulik dan Rudnick (Carson, 2007: 21-22), ada lima langkah yang dapat  dilakukan untuk memecahkan masalah, yaitu:  1) Membaca (reading). Kegiatan yang dilakukan siswa pada tahap ini adalah menuliskan kata kunci,  menanyakan kepada siswa lain apa yang diminta oleh tugas, atau merumuskan kembali masalah  dalam bahasa yang lebih mudah dipahami.  2) Jelajahi. Prosesnya melibatkan pola pencarian untuk menentukan konsep atau prinsip masalah.  Pada fase ini siswa mengidentifikasi masalah yang diberikan dan mempresentasikan masalah  tersebut dengan cara yang mudah dipahami. Pertanyaan yang digunakan pada fase ini adalah  “Masalah macam apa ini? ”Tahap ini biasanya dimana menggambar atau membuat tabel  dilakukan.  3) Memilih suatu strategi (choose a strategy) . Tahap ini, siswa menarik kesimpulan atau membuat  hipotesa tentang cara menyelesaikan masalah yang ditemui berdasarkan apa yang sudah  diperoleh pada dua tahap pertama.  4) Menyelesaikan masalah (remedy the problem)