Skip to main content

Materi 1 Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X ( Multimedia, TKJ, RPL )

 DASAR-DASAR ALGORITMA


Sumber: http://www.geek.com/geek-cetera/toshiba-develops-object-recognition-tech-for-food-1474869


Perkembangan teknologi saat ini berjalan sangat cepat, terutama teknologi informasi dan 
komunikasi. Kebutuhan akan kecepatan akses dan pengolahan informasi menjadi satu kebutuhan 
masyarakat modern. Sebagai contoh saat ini hampir semua layanan baik yang diberikan 
pemerintah, swasta, perusahaan, toko dan sebagainya sudah memanfaatkan sistem informasi, 
baik dalam bentuk program aplikasi komputer (aplikasi komputer), web, dan sebagainya.  
Adanya program-program komputer ini sangat membantu baik penyedia layanan, maupun 
masyarakat sebgai pihak konsumen, karena pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah. Kalian 
bisa membayangkan, bagaimana jika sebuah supermarket tanpa dilengkapi dengan aplikasi kasir. 
Satu persatu barang harus dilengkapi harganya, kasir harus menghitung semua belanjannya 
dengan kalkulator, jika pelanggan membeli barang satu troli penuh, berapa lama waktu yang 
diperlukan untuk, melayani satu pembeli? Tentu ini akan menghabiskan tenaga dan waktu yang 
banyak. Dengan adanya aplikasi kasir lengkap dengan barcode reader semua menjadi sangat 
mudah dan cepat. Pelanggan pun tidak perlu lama-lama menunggu dan mengantri. 
Demikian juga layanan di tempat-tempat lain, seperti bank, rumah sakit, kantor pajak, 

sekolah-sekolah, sudah sebagain besar terintegrasi dengan sistem informasi yang berupa aplikasi 
komputer. Pernahkan kalian berpikir, bagaimana program-program komputer tersebut dibuat? 
Berapa lama pembuatannya? Aplikasi komputer tersebut dibuat dengan software-softwrae 
pengembangan aplikasi seperti Java, Visual basic, Delphi, dan sebagainya. Dalam pembuatan 
sebuah aplikasi, pengembang software harus terlebih dahulu mengenali permasalahan dan tujuan 
aplikasi, untuk kemudian menyusun solusi permasalahan dalam bentuk langkah-langkah yang 
disebut dengan algoritma, kemudian menuangkannya dalam kode-kode pemrograman sesuai 
dengan teknologi yang digunakan apakah Java, VB, Delphi atau yang lain.  
Oleh karena itu kalian harus mengenal konsep dasar algoritma dan pemrograman sebagai 
awal untuk dapat mengembangkan aplikasi atau software. 

1.1 KEGIATAN BELAJAR 1 KONSEP DAN STRUKTUR ALGORITMA (2 JP) 
1.1.1. Tujuan Pembelajaran 
 Dengan Kegiatan Belajar ini diharapkan siswa mampu memahami konsep dan struktur 
algoritma dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 
1.1.2. Aktivitas Belajar Siswa 
 Pernahkan kalian mendengan kata Algoritma sebelumnya? Apa itu algoritma? Untuk 
mengetahuinya ikuti kegiatan belajar berikut. 
1.1.2.1.  Mengamati 
Coba perhatikan beberapa instruksi/langkah-langkah kerja berikut. 

 RESEP PUDING MUTIARA 

Bahan : 
    1 bungkus tepung hunkwe 
    250 gram gula pasir 
    1 gelas santan kental 
    3 gelas air 
    100 gram mutiara/ pacar cina, rebus, tiriskan 
    1 lembar daun pandan 
    ½ sendok teh garam 
Cara Membuat : 
1) Campurkan tepung hunkwe, gula pasir dan santan, tambahkan air, garam dan 
daun pandan lalu masak sambil diaduk agar rata. 
2) Masukkan mutiara ke dalam adonan tepung hunkwe, aduk hingga rata.  
3) Tunggu hingga adonan mendiddih dan mengental,  
4) Setelah adonnan mendidih dan mengental, angkat dan tuang dalam cetakan, 
kemudian dinginkan  
5) Jika puding sudah dingin dan padat, keluarkan dari cetakan dan sajikan. 


        Jika diperhatikan, 3 langkah kerja di atas, ada beberapa kesamaan dalam bentuk penyajian uraian di atas. Masing-masing mempunyai tujuan yang hendak dicapai, seperti menghasilkan puding mutiara, menginstall printer pada sistem operasi, dan menentukan volume suatu balok. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan persiapan-persiapan seperti alat dan bahan. Sebagai contoh untuk membuat puding diperlukan bahan sepert tepung, mutiara, gula, air, daun pandan dan santan sebagai bahannya dan peralatan seperti diperlukan kompor, panci untuk memasak dan cetakan puding. Demikian juga dalam menginstall printer, tentu harus printer kabel koneksi, komputer lengkap dengan sistem operasi. Untuk menentukan volume juga harus diketahui juga panjang lebar dan tinggi balok. Selanjutnya jika bahan dan alat sudah siap maka perlu adanya suatu langkah-langkah atau proses. Langkah-langkah atau proses ini tentu harus dapat dituliskan dengan jelas dan urut sehingga siapaun yang mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar pasti hasilnya akan sama. Inilah inti dari apa yang disebut dengan ALGORITMA. 

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-jenis foto Fotografi

 Jenis-jenis foto Kategori-kategori tersebut diatas dapat di breakdown lagi kedalam jenis-jenis foto, bertujuan untuk memperkenalkan beberapa jenis foto sebagai referensi lebih jauh lagi dalam memperdalam pengetahuan dunia fotografi. Jenis-jenis foto disini hanya sebagai pengelompokan secara garis besar, yang membantu mempermudah kita dalam memahami sebuah karya fotografi, dan ini bukan sebagai penggolongan yang paten untuk menghasilkan karya foto.  a. Foto Manusia  Foto manusia adalah semua foto yang obyek utamanya manusia, baik anak-anak sampai orang tua, muda maupun tua. Unsur utama dalam foto ini adalah manusia, yang dapat menawarkan nilai dan daya tarik untuk divisualisasikan. Foto ini dibagi lagi menjadi beberapa kategori yaitu :  ❖ Portrait  Portrait adalah foto yang menampilkan ekspresi dan karakter manusia dalam kesehariannya. Karakter manusia yang berbeda-beda akan menawarkan image tersendiri dalam membuat foto portrait. Tantangan dalam membuat foto portrait adalah dapat mena

Edmodo sebagai Social Learning Network (SLN)

Edmodo adalah salah satu dari beberapa jenis Social Learning Networks (SLNs) yang  beredar di dunia world wide web.   Berikut beberapa contoh SLN:  a) Einztein (www.einztein.com) merupakan SLN yang ditujukan bagi pembelajar  dewasa (pendidikan tinggi) dan pembelajar seumur hidup;  b) Sophia (www.sophia.org) merupakan SLN yang menyediakan ribuan tutorial  akademik yang diajarkan oleh guru dengan berbagai model instruksional, dan dapat  diikuti oleh pembelajar dengan berbagai model belajar;  c) RemixLearning (www.remixlearning.com) yang juga didukung oleh The Bill &  Melinda Gates Foundation menyediakan sebuah SLN yang dapat diatur sesuai selera  oleh sekolah, perpustakaan, museum, dan institusi lainnya yang membutuhkan;  d) Schoology (www.schoology.com) merupakan LMS yang dilengkapi dengan SLNs.  Edmodo adalah sebuah media untuk melaksanakan pembelajaran secara daring.  Edmodo menggabungkan sebagian fitur dari Learning Management System (LMS) dan  sebagia

APA ITU FOTOGRAFI

Kata Fotografi diambil dari Yunani yaitu kata Fotos yang berarti sinar atau cahaya, dan Grafos yang bararti gambar. Dalam seni rupa, fotografi adalah proses pembuatan lukisan dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa). Pada umumnya semua hasil karya fotografi dikerjakan dengan kamera, dan kebanyakan kamera memiliki cara kerja yang sama dengan cara kerja mata manusia. Seperti halnya mata, kamera memiliki lensa, dan mengambil pantulan cahaya terhadap